Minggu, 16 Juni 2013

MANFAAT BUAH PISANG BAGI KESEHATAN





Sekarang saya akan berbagi tentang manfaat buah pisang. Teman-teman pasti sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Buah pisang selain mudah didapat dan murah harganya ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Buah Pisang sangatlah menjadi favorit bagi sebagian orang. Buah Pisang sering digunakan sebagai jus ataupun dikonsumsi apa adanya.Berikut penjelasan tentang buah Pisang.


Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Kandungan Gizi Buah Pisang

Kandungan Gizi Pisang, mentah, bagian yang dapat dimakan Nilai gizi per 100 g (3.5 oz)
  • Energi 371 kJ (89 kcal)
  • Karbohidrat 22,84 g
  • Gula 12,23 g
  • Diet serat 2,6 g
  • Lemak 0,33 g
  • Protein 1,09 g
  • Vitamin A equiv. 3 mg (0%)
  • Thiamine (Vit. B1) 0,031 mg (2%)
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,073 mg (5%)
  • Niacin (Vit. B3) 0,665 mg (4%)
  • Asam pantotenat (B5) 0,334 mg (7%)
  • Vitamin B6 0,367 mg (28%)
  • Folat (Vit. B9) 20 mg (5%)
  • Vitamin C 8,7 mg (15%)
  • Kalsium 5 mg (1%)
  • Besi 0,26 mg (2%)
  • Magnesium 27 mg (7%)
  • Fosfor 22 mg (3%)
  • Kalium 358 mg (8%)
  • Seng 0,15 mg (1%)
  • Satu pisang 100-150 g. 
    Sumber: USDA Nutrient database  

Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

1. Manfaat pisang Mengurangi Depresi
Pisang mengandung tryptophan, sebuah asam amino yang dapat diubah menjadi serotonin, yang mengarah ke perbaikan suasana hati.

2. Manfaat pisang mencegah Anemia
Pisang relatif tinggi zat besi, yang membantu fungsi hemoglobin tubuh.

3. Manfaat pisang Sembelit dan Diare
Karena konten mereka dalam serat, mereka membantu memulihkan fungsi usus normal. Selain itu, diare biasanya menguras tubuh Anda dari elektrolit penting (yang paling penting adalah potasium, yang terkandung dalam jumlah yang tinggi dalam pisang). Mereka juga mengandung pektin, serat yang larut (hidrokoloid) yang dapat membantu menormalkan gerakan melalui saluran pencernaan.

4. Manfaat pisang untuk Perlindungan Penglihatan
Penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Ophthalmology telah membuktikan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi minimal 3 porsi buah per hari memiliki risiko berkurang (sebesar 36%) mengembangkan usia degenerasi makula terkait (ARMD), penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua, dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi kurang dari 1,5 porsi buah setiap hari.

5. Manfaat pisang agar Tulang Sehat
Pisang merupakan sumber yang sangat kaya fructooligosaccharide, suatu senyawa yang memelihara probiotik (ramah) bakteri dalam usus besar. Bakteri ini memproduksi enzim yang bermanfaat meningkatkan kemampuan pencernaan kita dan melindungi kita dari infeksi bakteri yang tidak sehat. Berkat fructo, bakteri probiotik dapat meningkatkan baik dalam jumlah dan fungsi, meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap kalsium.
Selain itu, pisang hijau mengandung asam lemak rantai pendek dicerna (SCFAs) yang sangat nutrisi ke sel-sel yang membentuk mukosa lambung. Sel-sel ini, ketika sehat, menyerap kalsium dengan lebih efisien.

6. Manfaat pisang agar Sehat Ginjal
Sekitar 190.000 kasus kanker ginjal didiagnosis setiap tahun. Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer telah menunjukkan bahwa konsumsi harian buah dan sayuran utuh, terutama pisang, sangat protektif terhadap kesehatan ginjal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selama jangka waktu yang panjang (13,4 tahun), perempuan makan lebih dari 2,5 porsi buah dan sayuran per hari mengurangi risiko kanker ginjal sebesar 40%. Di antara buah-buahan, pisang secara khusus pelindung. Wanita makan pisang empat sampai enam kali seminggu dibelah dua risiko pengembangan penyakit dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa konsumsi sering buah-buahan dan sayuran, sayuran terutama pisang, kol dan akar, dapat mengurangi risiko kanker ginjal. Hal ini karena sayuran akar pisang dan banyak mengandung jumlah tinggi terutama senyawa fenolik antioksidan, sedangkan kubis kaya belerang, diperlukan untuk detoksifikasi efektif karsinogen potensial.

7. Manfaat pisang untuk Tekanan darah
Pisang sangat tinggi kalium (sekitar 4673mg), namun sangat rendah sodium (1mg), sehingga memiliki rasio yang sempurna untuk mencegah tekanan darah tinggi. Begitu banyak sehingga, US Food and Drug Administration baru saja mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

8. Manfaat pisang mengurangi Morning Sickness
Ngemil pisang antara waktu makan membantu menjaga tingkat gula darah dan menghindari mual di pagi hari.

9. Manfaat pisang Membantu Berhenti Merokok
Pisang juga dapat membantu orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Mereka mengandung vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, serta kalium dan magnesium: zat-zat ini membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

10. Manfaat pisang menghindari Ulkus
Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus kronik. Hal ini juga membantu mengurangi keasaman dan mengurangi iritasi. Pisang merangsang sel-sel pada lapisan perut internal untuk menghasilkan lendir tebal (yang melindungi terhadap asam). Selain itu, pisang mengandung inhibitor protease yang membantu menghilangkan bakteri dalam perut yang telah menunjuk sebagai penyebab utama dari ulkus.

11. Manfaat pisang untuk Saraf
Pisang mengandung vitamin B yang telah menunjukkan untuk memperbaiki fungsi saraf

12. Manfaat pisang mengobati Gigitan Nyamuk
Banyak orang melaporkan bahwa menggosok bagian dalam kulit pisang pada gigitan nyamuk sangat efektif dalam mengurangi gatal dan pembengkakan.

13. Manfaat pisang Meredakan Stress.

Pisang tinggi kalium, yang membantu menormalkan detak jantung dan mengatur keseimbangan air tubuh. Selama periode stres yang tinggi, kadar potasium tubuh kita cenderung cepat habis: pisang makan adalah cara yang sehat untuk menyeimbangkan mereka tanpa menggunakan obat.

14. Manfaat pisang Menurunkan Resiko Stroke
Menurut sebuah studi dalam The New England Journal of Medicine, makan pete sebagai bagian dari diet teratur dapat mengurangi risiko kematian karena stroke sebanyak 40% . Manfaat buah pisang, Tak ada salahnya juga teman-teman membaca manfaat buah yang lainnya seperti apel, wortel, tomat atau manfaat minya kelapa , bawang putih, dan kayu manis. semoga dengan ini tman teman bisa mengetahui apa sih manfaat buah bagi kesehatan.

15. Manfaat Pisang bagi Penderita Lever
Bagi penderita lever, dua buah pisang sehari dengan tambahan satu sendok madu, akan baik untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan kuat.

16. Manfaat Pisang Bagi Penderita Maag
Sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang tak membuat iritasi atau kerusakan usus bagi penderita maag. Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, sebab teksturnya lembut. Pisang juga dapat menetralkan kelebihan asam lambung dan melapisi perut sehingga mampu mengurangi iritasi. Bagi yang mengalami penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, Anda dapat mengkonsumsinya dengan di campur pada segelas susu cair.

17. Manfaat Pisang untuk sumber tenaga
Pisang dapat dicerna dengan mudah, sehingga gula yang terdapat didalamnya akan diubah menjadi sumber tenaga yang baik untuk pembentukan tubuh, kerja otot dan juga sangat bagus untuk menghilangkan lelah.

18. Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil
Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan. Sebuah pisang matang, akan mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi. Di samping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.

Teman-teman, inilah beberapa manfaat yang luar biasa dari buah pisang. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah mengunjungi http://belajar-sabar-ikhlas.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar