Minggu, 16 Juni 2013

MANFAAT BUAH DUKU BAGI KESEHATAN



Teman-teman tentu pernah makan buah duku. Buah duku termasuk buah musiman. Buah duku yang memiliki nama kimia Lansium Domesticum Corr berasal dari tanaman berkayu yang hidup menahun. Buah duku dapat tubuh subur di daerah beriklim basah dengan curah hujan tinggi. Buah duku mentah berwarna hijau, bergetah dan citarasanya sangat asam. Seiring matangnya buah, kulit akan berubah kekuningan dan daging buah akan berasa manis.

Duku adalah nama umum dari sejenis buah-buahan anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini dikenal pula dengan nama-nama yang lain seperti langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan pelbagai variasinya. Nama-nama yang beraneka ragam ini sekaligus menunjukkan adanya aneka kultivar yang tercermin dari bentuk buah dan pohon yang berbeda-beda.

 Kandungan Gizi buah Duku

Setiap 100 gram buah duku mengandung kalori 7o kal, protein 1.0 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0,7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0,9 mg. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

Manfaat buah duku


  • Buah Duku mengandung dietary fiber atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.
  • Selain daging buah duku yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam.

Cara mengolahnya adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan beberapa buah biji duku.
  2. Bersihkan dan keringkan.
  3. Tumbuk sampai halus.
  4. Setelah halus, campur dengan air secukupnya, setelah itu kita minum, satu kali sehari, sekali minun seperempat gelas.


  • Kandungan fosfor yang terdapat pada buah duku membantu menguatkan gigi.
  • Kulit kayu duku juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa, malaria, dan obat disentri.

Cara penggunannya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil tepung kulit kayu buah duku, yang dimaksud dengan tepung kulit kayu duku adalah sejenis serbuk putih yang biasanya menempel dikulit kayu buah duku.
  2. Setelah diambil kemudian oleskan tepung kulit kayu buah duku tersebut kebagian tubuh kita yang tergigit atau tersengat kalajengking.


  • Kulit buah duku dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dengan cara dibakar.
  • Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker.
  • Beberapa bagian tanaman duku juga bermanfaat sebagai obat tradisional, seperti obat cacing, demam, disentri, malaria, diare, dan bahkan pengusir nyamuk. Biji buah duku yang pahit dapat ditumbuk dan    dicampur air untuk mengatasi cacingan dan demam.
  • Kulit buah duku juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diare. Selain itu, kulit buahnya juga dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan cara dikeringkan kemudian dibakar.
  • Karena kayu pohon duku yang berbentuk keras, padat, berat dan awet, sehingga kerap digunakan sebagai bahan perkakas dan konstruksi rumah di desa, terutama kayu pisitan.
  • Duku dapat dibuat menjadi selai, dijadikan puding, dan berbagai hidangan masakan lainnya.
Untuk membuat buah duku menjadi selai, caranya adalah sebagai berikut:
untuk selai, siapkan 1500 gr daging buah duku yang sudah diblender halus, 600 gr gula pasir, 100 ml air, 5 gr gelatin, 30 ml air jeruk lemon dan ½ sdt vanila essens. semua bahan dicampur jadi satu, panaskan hingga tekstur mengental dan warna kekuningan. selagi panas simpan di dalam botol kaca, tutup rapat, kini anda mempunyai selai duku yang lezat dan siap digunakan kapan saja.

Itulah beberapa manfaat buah duku dan apa yang bisa dimanfaatkan dari buah duku dan kulit pohonnya.
Semoga bermanfaat ....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar