Minggu, 16 Juni 2013

MANFAAT BUAH APEL BAGI KESEHATAN




Apel dengan nama latinnya Pyrus malus biasa di budidayakan didaerah Eropa. Di Indonesia konon buah apel yang terkenal berasal dari daerah Jawa Timur (Kota Malang) atau dari daerah Jawa Barat (Gunung Pangrango). Buah apel bisa tumbuh di daerah yang subur yang bersuhu dingin, dengan ketinggian kira-kira 1.200 m dari permukaan laut. Buah ini musim panennya sekitar bulan juli, ketinggian pohon mencapai 7 sd 10 m .


Kandungan Buah Apel :
Buah apel (Pyrus malus) mengandung senyawa  pektin , selain iru juga zat gizi, antara lain  : -Kalori 58 kalori , kandungan Hidrat arang 14,9 %, kandungan Lemak 0,4 %, Protein 0,3 g%, Kalsium 6 6%, Fosfor 10 %, zat Besi 0,3 %, Vitamin A 90 SI, Vitamin B1 0,04 %, Vitamin C 5 %, dan Air 84 %.

Manfaat buah apel
1. untuk pengobatan Diabetes Diabetes Mellitus (Kencing Manis) :
  • 1 biji apel ukuran sedang
  • Dibelah menjadi empat bagian
  • Direbus dengan 3-4 gelas air hingga mendidih sampai tinggal dua gelas
  • Diminum setipa pagi dan sore secara rutin
2. untuk pengobatan Diare
  • Buah apel yang belum begitu matang (masak) dimakan biasa
3. Memperbaiki Kulit 
  • Masker apel hijau bisa membantu menambah kelembaban kulit serta mengurangi kerutan.dengan campuran tanaman buah tanaman lainnya,semisal anggur ,lemon, dan lidah buaya.
4. Membantu Pernapasan 
  • Kandungan apel yang disebut quercetin bersifat anti oksidan yang dapat melindungi paru-paru dari polusi.Penelitian yang dilakukan Fakultas kedokteran George’s Hospital Medical School (London,inggris), Menemukan fakta bahwa orang-orang yang menkonsumsi lima buah apel atau lebih memiliki kondisi paru-paru yang lebih sehat dibandingkan mereka yang tidak menkonsumsinya.
5. Menghilangkan ketombe
  • jus asam apel dipercaya bisa menghilangkan bakteri yang menghasilkan ketombe.Caranya yaitu pijat kulit kepala dengan jus asam apel, lalu biarkan selama semenit.setelah itu cuci samapai bersih.
6. Mengecilkan pinggang 
  • Campur saus apel dengan setengah mentega atau minyak dalam pembuatan kue. Ini akah menghasilkan rasa manis natural dan sedikit kandungan lemak. Saus apel bebas lemak dan kolesterol dan hampir sama kandungannya dengan satu cangkir beras merah.
Khasiat buah apel yang lain bila kita mengonsumsi apel antara lain:

1.Mencegah Al-zheimer
  • Studi yang dilakukan oleh Universitas Cornell menemukan bahwa kandungan quercetin pada apel akan melindungi otak dari radikal bebas yang membahayakan dan memicu penyakit Al-zheimer.

2.Mengurangi berat badan
  • Studi di Brazil menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi buah apel atau pir setidaknya 3 sehari selama diet akan lebih cepat menurunkan berat badan, dibandingkan mereka yang tidak memasukkan buah-buahan dalam menu diet. Dalam program diet ,apel sangat membantu menunjang keberhasilan program yang dijalankan.Sehingga sangat dianjurkan mengkonsumsi buah apel saat melakukan program diet. Hal ini disebabkan karena manfaat buah apel yang mengandung serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.

3.Mencegah Kanker Payudara
  • Manfaat buah apel terhadap pencegahan kanker payudara merunut pada Studi yang dilakukan oleh Cornell University yang melakukan percobaan pada tikus, dan tikus yang mengkonsumsi apel 3 kali dalam sehari, memiliki resiko lebih rendah terkena kanker dibandingkan dengan tikus yang menkonsumsi apel kurang dari jumlah tersebut. Meskipun percobaan ini diuji cobakan pada tikus, namun hal ini juga berdampak sama pada manusia.

4.Mencegah kanker usus
  • Dari sebuah studi yang dilakukan pada tikus, tikus yang diberi makan ekstrak kulit apel memiliki resiko 43% lebih rendah terkena kanker saluran pencernaan. Berdasarkan penelitian kandungan pectin pada apel-lah yang menekan resiko kanker pencernaan, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

5.Melindungi tulang
  • Manfaat Buah apel lainnya yaitu membantu melindungi tulang.Penelitian di Perancis menemukan bahwa flavonoid yang disebut phloridzin yang terkandung pada apel bermanfaat untuk melindungi wanita pasca-monopause dari masalah osteoporosis, dan meningkatkan massa tulang. Boron, kandungan lain dari apel yang juga berfungsi untuk memperkuat tulang. Hal ini karena apel mengandung banyak mineral .Mineral yang terkandung dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.

6.Mencegah kanker paru-paru
  • Berdasarkan studi yang dilakukan pada 10,000 orang, mereka yang mengkonsumsi apel dengan kuantitas paling banyak memiliki resiko 50% lebih rendah terserang kanker paru-paru. Para peneliti mempercayai adanya kandungan flavonoid, quercetin, dannaringin inilah yang berperan dalam mencegah kanker paru-paru.

7.Mencegah kanker hati
  • Dari sebuah studi yang dilakukan pada tikus, tikus yang diberi makan ekstrak kulit apel memiliki resiko 43% lebih rendah terkena kanker saluran pencernaan. Berdasarkan penelitian kandungan pectin pada apel-lah yang menekan resiko kanker pencernaan, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

8.Menurunkan kadar kolestrol

  • Dalam hal ini manfaat buah apel untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang disebut LDL. Seseorang yang mengkonsumsi buah apel setidaknya 2 kali dalam sehari akan menurunkan kadar kolesterol jahat mereka sebanyak 16%. Hal ini diakibatkan karena buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.

9.Mengontrol diabetes
  • Kandungan pectin pada apel mensuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan hormon insulin –salah satu hormon penyebab diabetes. Hal ini karena produksi insulin yang tinggi memicu diabetes, oleh karena itu apel juga bermanfaat untuk mengontrol seseorang yang terserang atau memiliki bakat –faktor genetik terserang diabetes.

10.Membersihkan dan menyegarkan mulut.
  • Apel juga bisa digunakan sebagai media untuk membersihkan dan menyegarkan mulut. Hal ini karena memiliki kandungan tanin. Dimana Tanin ini adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut,sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Itulah sejumlah manfaat buah apel yang bisa kita dapatkan,bila kita rutin menkonsumsi buah tersebut tentunya kita akan merasakan manfaat yang besar bagi kesehatan kita. Terima kasih telah mengunjungi http://learning-learning84.blogspot.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar