Minggu, 16 Juni 2013

MANFAAT BUAH MELON BAGI KESEHATAN




”Bilamana kamu makan buah-buahan, makanlah melon, karena itu adalah buah-buahan surga dan mengandung seribu keberkahan dan seribu rahmat. Memakannya akan menyembuhkan setiap penyakit,”. (Sabda Nabi Muhammad SAW)

Sebagian besar makanan yang diciptakan oleh Allah SWT untuk dinikmati umat manusia, merupakan sebaik-baiknya makanan. Kecuali jika makanan dikonsumsi secara berlebihan yang seharusnya justru malah dikurangi.

Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya.

Kandungan Buah Melon

Melon merupakan salah satu dari beberapa buah-buahan yang tidak dimasak untuk memakannya. Kandungan vitamin C dan mineral potassium-nya sangat bagus, di samping tinggi kadar airnya dan rendah kalori.

Dalam 177 gram potongan buah (1 gelas) terkandung karbohidrat 14,8 gram, protein 1,55 gram, lemak 0,5 gram, mineral potassium 546,9 miligram, vitamin A 5.706,5 IU (64% kebutuhan vitamin A harian), dan vitamin C 74,7 miligram (125% kebutuhan vitamin C harian).

Melon tidak punya cadangan pati yang bisa diubah menjadi gula buah setelah buah ini masak di pohonnya. Jadi, ia tidak akan menjadi lebih manis setelah dipetik dan disimpan, meski teksturnya melunak.
Malah kandungan gulanya menurun dengan cepat. Jadi sebaiknya buah ini dibiarkan saja di pohonnya sampai masak dan berbau harum dan baru dipetik ketika hendak dimakan.

Khasiat Buah Melon bagi Kesehatan


  1. Buah melon mengandung antikoagulan yang disebut dengan adenosine sehingga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. 
  2. Kandungan karotenoid buah melon yang tinggi dapat mencegah kanker dan menurunkan resiko serangan kanker paru-paru karena merupakan senyawa utama penyerang penyakit kanker.
  3. Kandungan mineral pada buah melon bahkan mampu menghilangkan keasaman tubuh dan mempunyai sifat menyembuhkan sembelit. 
  4. Buah melon mempunyai daya diuretik yang sangat baik sehingga bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut. Jika dikombinasikan dengan buah lemon, maka buah ini dapat menumpas penyakit asam urat.
  5. Membantu menghilangkan noda-noda hitam diwajah. Caranya dengan mengosok-gosokan dibagian muka.
  6. Mencegah dan menyembuhkan panas dalam.


Manfaat Melon bagi Ibu Hamil

  • Dapat meringankan gejala rasa panas pada perut
  • Bisa mengurangi perasaan mual bagi ibu hamil
  • Dapat membantu mengurangi morning sickness pada kehamilan trisemester pertama
  • Sebagai penambah cairan tubuh karena Buah semangka memiliki kandungan air sekitar 90%
  • Membantu perkembangan otak, penglihatan, otot, serta sistem imun pada janin

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar